Korelasi Antara Kompetensi Pedagogik Guru dan Prestasi Belajar Siswa Di Mts Arrahmah Kecamatan Papar Kabupaten Kediri Tahun 2015-2016

  • Binti Musa’adah

Abstract

 
Kompetensi pedagogik guru harus terus dipacu untuk meningkatkan kemampuan mengajar siswa, karena ditengarahi bahwa dengan kemampuan pedagogik guru hasil belajar siswa dapat meningkat. Penelitian ini  dilakukan untuk menganalisis korelasi antara kompetensi pedagogik guru PAI dengan prestasi belajar siswa kelas VIII MTs Arrahmah tahun 20015/2016.
Rumusan masalah dalam hal ini : 1. Adakah kompetensi guru pengampu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Arrahmah Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri.  2. Adakah prestasi siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Arrahmah Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri.  3. Adakah korelasi antara kompetensi pedagogik guru dan prestasi belajar siswa di MTs  Arrahmah, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri.
Pendekatan penelitian ini mengguanakan pendekatan kuantitatif. Peneliti bermaksud menganalsisi korelasi antara kompetensi pedagogik guru dan prestasi belajar siswa di MTs Arrahmah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di MTs Arrahmah sebanyak 117 diambil sampel 41. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Analisa instrumen meliputi analisis validitas dan realibitas. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis korelasi product moment SPSS 22.
Berdasarkan hasil analisis data, dapat diketahui bahwa korelasi antara Variabel X (kompetensi pedagogik guru) dan Variabel Y (hasil belajar PAI siswa) sebesar 0,818 dengan nilai signifikansi 0,000 atau < 0,05 itu berarti korelasi tersebut sangat tinggi. Dan variabel kompetensi pedagogik guru memberikan kontribusi terhadap hasil belajar PAI siswa sebesar 66,9%. Adapun sisanya sebesar 33,1% ditentukan oleh faktor yang lain seperti kemampuan awal peserta didik, motivasi belajar peserta didik, daya serap peserta didik, dan lain sebagainya, serta thitung lebih besar dari ttabel atau 15,478 > 2.022. Ada korelasi positif antara pedagogik guru dan hasil belajar siswa, artinya semakin tinggi pedagogik guru semakin baik pula hasil prestasi siswa. Begitu pula sebaliknya semakin rendah pedagogik guru maka semakin buruk pula hasil prestsi siswa.
 
Published
2017-05-20
How to Cite
MUSA’ADAH, Binti. Korelasi Antara Kompetensi Pedagogik Guru dan Prestasi Belajar Siswa Di Mts Arrahmah Kecamatan Papar Kabupaten Kediri Tahun 2015-2016. Intelektual: Jurnal Pendidikan Islam, [S.l.], v. 7, n. 1, may 2017. ISSN 0000-0000. Available at: <http://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/intelektual/article/view/368>. Date accessed: 23 oct. 2017.