Konseling Integratif dalam Menangani Gangguan Konsentrasi Belajar pada Anak Adhd (Attention Deficit Hyperactivity Disorder)

  • Nuning Nadzirah

Abstract

 
Bimbingan dan konseling merupakan proses pemberian bantuan yang terarah kepada seseorang/sekelompok orang secara terus menerus dan sistematis oleh guru pembimbing agar individu menjadi pribadi yang mandiri dan mengenal lingkungannya. Realita yang terjadi pada bimbingan konseling adalah masih banyaknya persepsi bimbingan konseling yang tidak lebih dari seorang “Polisi Sekolah”, adanya ketimpangan jumlah rasio antara guru pembimbing dan siswa yang dibimbing serta masih banyaknya guru bimbingan konseling yang tidak memenuhi kualifikasi pendidikan sesuai dengan bidangnya.
Adapun fokus dan tujuan penelitian ini adalah (1) proses bimbingan konseling di MA Raudlatut Thalabah, (2) Personel yang terlibat dalam proses bimbingan konseling dan (3) eksistensi bimbingan konseling pada pendidikan islam di MA Raudlatut Thalabah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif,. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus,yaitu suatu penelitian yang dilakukan secara intensif, terinci dan mendalam terhadap suatu organisasi, lembaga atau gejala-gejala tertentu. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi sehingga dapat memahami secara holistic eksistensi bimbingan  konseling pada pendidikan agama islam di MA Raudlatut Thalabah. Analisa data penelitian ini menggunakan pengecekan keabsahan data dengan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses bimbingan konseling di MA Raudlatut Thalabah berupa bimbingan pribadi,bimbingan social, bimbingan belajar dan bimbingan karier. Disamping itu layanan konseling berupa layanan orientasi,layanan informasi, layanan penyaluran dan penempatan, layanan penguasaan konten, layanan konseling perorangan,layanan bimbingan kelompok, layanan konseling kelompok,layanan konsultasi dan layanan mediasi. Kegiatan bimbingan dan layanan tersebut didukung dengan kegiatan berupa aplikasi instrumentasi, himpunan data, konfrensi kasus, alih tangan kasus,kunjungan rumah dan tampilan kepustakaan. (2) Personel dalam proses bimbingan konseling di MA Raudlatut Thalabah antara lain : Kepala MA Raudlatut Thalabah. Guru Bimbingan Konseling,Guru mata pelajaran, Wali kelas, Ketertiban, Orang tua, Siswa dan Masyarakat. (3) Keberadaan bimbingan konseling di Madrasah Aliyah Raudlatut Thalabah sangat membantu dalam proses pengajaran sehari-hari dan pelaksanaanya sudah berjalan dengan baik sebagai wujud eksistensinya dalam dunia pendidikan Islam.
Published
2017-05-20
How to Cite
NADZIRAH, Nuning. Konseling Integratif dalam Menangani Gangguan Konsentrasi Belajar pada Anak Adhd (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Intelektual: Jurnal Pendidikan Islam, [S.l.], v. 7, n. 1, may 2017. ISSN 0000-0000. Available at: <http://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/intelektual/article/view/366>. Date accessed: 23 oct. 2017.