Dampak Faham Keagamaan Jama’ah Tablig terhadap Perubahan Sistem Pendidikan di Pondok Pesantren Al Fatah Desa Temboro Kecamatan Karas Kabupaten Magetan. Muhammad Luthvi Al Hasyimi

  • Muhammad Luthvi Al Hasyimi

Abstract

 
Jama’ah Tabligh menjadi wacana tersendiri dalam khazanah dunia Islam Indonesia. Perkembangannya yang terhitung pesat dinegri ini, ditambah dengan minimnya informasi tentang faham keagamaan ini menjadi menarik untuk diteliti
Pondok Pesantren Al Fatah adalah salah satu basis utama pendukung tersebarnya jama’ah Tabligh. Pondok pesantren yang dulu berfaham Nahdiyyin ini saat ini berkembang begitu pesat dengan santri-santrinya mencapai lebih dari 10.000 dalam kurun waktu 15 tahun terakhir. Dengan Berubahnya Al Fatah dari NU menjadi Jama’ah Tabligh, tentu ada perubahan sistem pendidikannya.
Fokus Penelitian ini adalah 1. Bagaimana faham keagamaan Jama’ah tabligh yang telah merubah istem pendidikan di Pondok Pesantren Al fatah Temboro?                 2. Bagaimana sistem pendidikan di Pondok Pesantren Al fatah Temboro sebelum masuknya faham keagamaan Jama’ah tabligh? 3. Apa dampak  faham keagamaan Jama’ah tabligh terhadap perubahan sistem pendidikan di Pondok Pesantren Al fatah Temboro?.
Penelitian ini menggunakan paradigma kontruktivis, pendekatan kualitatif, sifat penelitian deskriptif, teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, dokumentasi.
Dari hasil penelitian terungkap bahwa 1. Jama’ah Tabligh tidak berbeda dengan Ahlus sunnah wal Jama’ah, yang menjadi berbeda hanya metode dakwahnya saja dimana hal ini menyebabkan pakaiannya berbeda dengan masyarakat Indonesia secara umum. Namun secara aqidah dan madzhab fiqih sama. 2. Sistem pendidikan di Pondok Pesantren Al Fatah sebelum berpaham Jama’ah Tabligh adalah seperti mayoritas pesantren salaf lainnya. Kurikulumnya mulai dari ibtidaiyah, tsanawiyah dan diniyah, metode pembelajarannya dengan metode sorogan dan wethonan, sistem evaluasi dan kebijakannya hanya berpusat pada sang kyai. 3.Banyak perubahan dalam sistem pendidikan di Al fatah setelah berfaham Jama’ah Tabligh, diantaranya ideologinya berubah, dari sebelumnya ASWAJA-NU menjadi ASWAJA-Jama’ah Tabligh, kurikulumnya ditambah dengan kitab-kitab refrensi utama Jama’ah Tabligh seperti kitab fadhilah amal, muntakhob ahadist, hayyatus shohabah., metode pendidikannya bertambah dari sebelumnya hanya metode wethonan, sorogan, hafalan dan metode pembelajaran lain yang biasa diterapkan di pondok pesantren, ada tambahan metode muhasabah, yaitu waktu khusus untuk intropeksi diri peningkatan amal apa yang terjadi pada hari ini dibanding hari kemarin.
Published
2017-05-20
How to Cite
AL HASYIMI, Muhammad Luthvi. Dampak Faham Keagamaan Jama’ah Tablig terhadap Perubahan Sistem Pendidikan di Pondok Pesantren Al Fatah Desa Temboro Kecamatan Karas Kabupaten Magetan. Muhammad Luthvi Al Hasyimi. Intelektual: Jurnal Pendidikan Islam, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 99-108, may 2017. ISSN 0000-0000. Available at: <http://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/intelektual/article/view/365>. Date accessed: 23 oct. 2017.