Implementasi Supervisi Kelembagaan di MI Najatus Salikin Kedungsari Tarokan Kabupaten Kediri

  • Moh. Hilmy Muqowimul Adab

Abstract

 
Pengawasan mutu pendidikan yang diemban oleh pengawas satuan pendidikan harus terus digalakkan seiring dengan perkembangan teknologi dan mutu pendidikan yang kompetitif. Pengawasan bisa dilakukan dengan pengamatan secara intensif terhadap kegiatan utama dalam lembaga pendidikan yang kemudian ditindak lanjuti dengan pemberian  feed back.
            Permasalahan yang peneliti ajukan antara lain: 1. Bagaimanakah pelaksanaan supervisi kelembagaan di MI Najatus Salikin Kedungsari Tarokan Kediri, 2. Bagaimana hasil dari pelaksanaan supervisi kelembagaan di MI Najatus Salikin Kedungsari Tarokan Kediri, 3. Apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam melaksanakan supervisi kelembagaan di MI Najatus Salikin Kedungsari Tarokan Kediri.
            Jenis penelitian ini adalah kualitatif, sebagaimana arahan jenis penelitian kualitatif, maka data yang terkumpul kemudian dianalisis berdasar teori – teori yang diketemukan guna menarik sebuah kesimpulan yang sesuai dengan maksud diadakannya suatu penelitian tersebut.
            Akhirnya, penelitian dapat disimpulkan 1. Kepala Madrasah Ibtidaiyah Najatus Salikin telah melaksanakan kegiatan supervisi kelembagaan dengan baik sebagai supervisor pada lembaga tersebut, 2. Hasil dari pelaksanaan kegiatan supervisi kelembagaan ini berdampak pada peningkatan komunikasi antar personal dan staf serta para pengurus komite madrasah yang berujung pada perbaikan dan peningkatan kinerja masing-masing lini, 3. Faktor yang mempengaruhi pelaksanaan supervisi kelembagaan yaitu: kebijakan yang diberlakukan kepala sekolah, dan tingkat interaksi serta komunikasi baik antara kepala sekolah dengan bawahannya maupun antara guru dengan peserta didiknya
Published
2017-05-20
How to Cite
ADAB, Moh. Hilmy Muqowimul. Implementasi Supervisi Kelembagaan di MI Najatus Salikin Kedungsari Tarokan Kabupaten Kediri. Intelektual: Jurnal Pendidikan Islam, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 63-71, may 2017. ISSN 0000-0000. Available at: <http://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/intelektual/article/view/361>. Date accessed: 23 oct. 2017.