Pendidikan Humanistik Ki Hajar Dewantara Dalam Perspektif Pendidikan Islam

  • Budiono Budiono

Abstract

Upaya untuk memperbaiki moralitas bangsa yang kian merosot terus dilakukan salah satunya dengan mengimplementasikan pendidikan karakter dalam tiap jenjang pendidikan. Namun tentu bukan hal yang mudah untuk melakukannya apalagi menikmati hasilnya dalam waktu yang singkat. Berbagai permasalahan yang bersangkutan dengan akhlak mulai mencuat hingga menyebabkan degradasi moral. Diperlukan alternatif untuk mendukung upaya perbaikan moralitas bangsa Karenanya, perlu kajian mengenai pendidikan karakter yang diharapkan mampu memberikan pencerahan.
Tesis ini merupakan penelitian kepustakaan (library reseach) dengan focus konsep pendidikan humanistik Ki Hadjar Dewantara, perbandingan dan relevansi konsep pendidikan humanistik Ki Hadjar Dewantara dengan Pendidikan Agama Islam, dan  Apa fungsi pendidikan humanistic dalam system pendidikan nasional.
 
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa 1) pokok pokok pikirann Ki Hajar Dewantara yang mengkaji beberapa hal tentang pendidikan adalah sebagai berikut: Tujuan pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara adalah memanusiawikan manusia (humanisasi), pendidikan adalah daya upaya untuk memajukan budi pekerti, pikiran, dan jasmani anak agar selaras dengan alam dan masyarakatnya. 2) pembentukan budi pekerti yang baik harus dilakukan mulai dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah serta lingkungan masyarakat, sehingga ada kesinambungan antara keluarga, sekolah dan masyarakat. 3) Sedangkan fungsi pendidikan Islam bertujuan pada pembinaan akhlak yang holistik yakni akhlak yang menyeluruh, meliputi akhlak kepada Allah Swt (habl min Allah), diri sendiri dan orang lain (habl min al-nas).

References

Abdul majid, Dian andayani. 2010 Pedidikan karakter dalam perspektif Islam. Bandung: Insan Cita Utama.
Abidin Ibnu Rusn. 1998. Pemikiran al-Ghazali Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Abu bakar, Muhammad. 1997. Hadits Tarbawi III. Surabaya: Karya Abditama.
Abu Hamid al-Ghazali. 1998. Tuntunan Mencapai Hidayah Ilahi, terj. M. Fadlil Sa’d An-Nadwi. Surabaya: Al-Hidayah.
Aminuddin, et al. 2006. Membangun Karakter dan Kepribadian Melalui Pendidikan AgamaIslam. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Amin Syukur dan Masyharuddin, 2002. Intelektualisme Tasawuf. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Anwar, Rosihan. 2010. Akhlak Tasawuf . Bandung: Pustaka Setia.
Anwar, Saeful. 2007. Filsafat Ilmu al-Ghazali Dimensi Ontologi dan Aksiologi. Bandung: Pustaka Setia.
Arikunto, Suharsimi. 1996. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineke Cipta. Basri, Hasan. 2009. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia,
Basuki dan Miftahul Ulum, 2007. Pengantar Ilmu Pendidikan Islam. Ponorogo: Stain Po Press.
Beni Ahmad Saebani dan Abdul Hamid, 2010. Ilmu Akhlak. Bandung: Pustaka Setia. Daudy, Ahmad. 1986. Kuliah Filsafat Islam. Jakarta: Bulan Bintang.
D. Marimba. 1989. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Al-Ma’arif,
Dewantara, Ki Hadjar. 1962. Karya Bagian I: Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.
Dewantara, Ki Hadjar, 1994. Bagian II : Kebudayaan.Yogjakarta : MLPTS.
FKI LIM. 2010. Gerbang Pesantren, Pengantar Memahami Ajaran Ahlussunnah walJama’ah. Kediri: Bidang Penelitian dan Pengembangan LIM PP Lirboyo.
Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung:Alfabeta. Irna H.N. Hadi Soewito. 1985. Soewardi Soerjaningrat dalam Pengasingan. Jakarta: Balai Pustaka.

Kesuma, Dharma, et.al. 2011. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Khan, Yahya. 2010. Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri: Mendongkrak KualitasPendidikan. Yogyakarta: Pelangi Publishing.

Ki Hariyadi, 1989. Ki Hadjar Dewantara sebagai Pendidik, Budayawan, Pemimpin Rakyatdalam Buku Ki Hadjar Dewantara dalam Pandangan Para Cantrik dan Mentriknya,Yogyakarta: MLTS,

Ki Suratman, 1987. Pokok-pokok Ketamansiswaan. Yogyakarta: MLPTS.

Koesoema A, Doni. 2010. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: PT.Grasindo.

Lickona, Thomas. 2004. Pendidikan Karakter. Bantul: Kreasi Wacana.

M. Ahmad, dkk. 1998. Pengembangan Kurikulum.Bandung : Pustaka Setia. Muhajir, Noeng. 1996. Metodologi Penelitian Filsafat.Yogyakarta : Rake Sarasin.

Muslih, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional Jakarta; Bumi Aksara.

Mochtar Buchori, Character Building dan Pendidikan Kita. Kompas

M. Abul Quasem dan Kamil, 1988. Etika Al-Ghazali: Etika Majemuk di dalam Islam, terj. J.Mahyudin. Bandung: Pustaka.

Nata, Abuddin. 2003. Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Nazir. 1998. Metode penelitian. Jakarta : Ghalia Indah.
Salahudin, Anas dan Alkrienciehie, Irwanto. 2013. Pendidikan Karakter: PendidikanBerbasis Agama dan Budaya Bangsa. Bandung: CV Pustaka Setia

Soeratman, Darsiti. 1983/1984. Ki Hadjar Dewantara, Jakarta. Departemen dan Kebudayaan.
Sudarto. 2001. Metodologi Penelitian Filsafat.Jakarta : Raja Grafindo.

Sudirman N. 1987. Ilmu Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R &D.Bandung : Alfabeta,
Tafsir, Ahmad. 1994. Filsafat Umum. Bandung : Remaja Rosda Karya, Cet.VII.

Tafsir, Ahmad. 2005. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tauhid, Moch. 1963. Perjuangan dan ajaran Hidup Ki Hadjar Dewantara. Yogyakarta, MLPTS.

UU RI Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen serta UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas.

Wibowo, Agus. 2013. Pendidikan Karakter Berbasis Sastra.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yamin , Moh. 2009. Menggugat Pendidikan Indonesia : Belajar dari Paulo Freire dan KiHajar Dewantara. Jogjakarta : Ar Ruzz Media.

Yudi Prahara, Erwin. 2009. Materi Pendidikan Agama Islam. Ponorogo: STAIN Po Press.
Departemen Agama RI. 2008. Al-Qur’andan Terjemahan Surat Al- Baqarah:2. Bandung: Diponegoro.
http://s4h4.wordpress.com/2008/11/30/biografi-imam-ghazali/ http://syafieh.blogspot.com/2013/04/filsafat-islam-al-ghazali-dan-pemikiran.html
Haryanto, Pendidikan Karakter Menurut Ki Hadjar Dewantara, (haryan62@yahoo.co.id). Diakses pada tanggal 29 Agustus 2016. http://www.ispi.or.id/2016/8/22/mendalami-filsafat-pendidikan-ki-hajar-dewantara/ di akses pada 30 Agustus 2016 http://aryforniawan.blogspot.com/2016/08/fungsi-dan-tujuan-pendidikan-karakter.html Marfu. Perbedaan pendidikan karakter dengan pendidikan akhlak, pendidikan moral, danpendidikan nilai, http:// risetpendidikangmarfu’.com, Diakses pada tanggal 28 Agustus 2016.
Ni’matulloh.et. all, Pendidikan Karakter Dalam Persfektif Pendidikan Islam, (http://nimatlloh. blogspot.com, diakses pada tanggal 20 Mei 2016)

Siswanto, Perbedaan pendidikan karakter dengan pendidikan akhlak, pendidikan moral, danpendidikan nilai, http:// siswantozheis.wordpress.com. Diakses tanggal 04 Juli 2016
Published
2017-05-20
How to Cite
BUDIONO, Budiono. Pendidikan Humanistik Ki Hajar Dewantara Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Intelektual: Jurnal Pendidikan Islam, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 42-53, may 2017. ISSN 0000-0000. Available at: <http://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/intelektual/article/view/360>. Date accessed: 23 oct. 2017.