Metode Pembelajaran PAI bagi Anak Tunarungu di SDN Inklusi

  • Husnul Khotimah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
Keywords: Learning method, Islamic education, Deaf student, Inclusion school

Abstract

This article aims to describe the method of learning deaf children in SDN Betet 1 Kota Kediri, which is one of Inclusion Schools in Kediri. The data taken from the only one deaf student in this school, 2 special Assistance Teachers, 1 Therapist, and parents of student. By using descriptive research method and qualitative approaches, finally the reseach resulted that Personal identification of deaf children is very important. This identification is related to the level of children's hearing loss and the level of intelligence (IQ) possessed. Based on available data, the method of learning Islamic Education in SDN Inclusion is writing to learn strategies, ABA (Applied, Behavior, and Analysis) methods, demonstration methods, muroja'ah methods and speech therapy. These five learning methods can get maximum results if supported by the participation of parents as the main educator.

 

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode belajar Pendidikan Agama Islam bagi anak tunarungu di SDN Betet 1 Kota Kediri, yang merupakan salah satu Sekolah Inklusi di Kediri. Data yang diambil berasal dari satu-satunya siswa tunarungu di sekolah ini, 2 Guru Pendamping Khusus, 1 terapist, dan orang tua siswa. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif, akhirnya penelitian menghasilkan bahwa identifikasi anak tunarungu secara personal sangat penting dilakukan. Identifikasi ini terkait dengan tingkat disabilitas pendengaran anak dan tingkat kecerdasan (IQ) yang dimiliki. Berdasarkan data yang ada, maka metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Inklusi adalah strategi writing to learn, metode ABA (Applied, Behaviour, and Analysis), metode demonstrasi, metode murojaah dan terapi wicara. Kelima metode pembelajaran ini bisa mendapatkan hasil yang maksimal jika didukung oleh peran serta orang tua sebagai pendidik utama.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alpiyanto. Menjadi Juara Dan Berkarakter. Bekasi: Tujuh Samudera, 2013.
Arum, Wahyu Sri Ambar. Perspektif Pendidikan Luar Biasa Dan Implikasinya Bagi Penyiapan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Depdiknas, 2005.
Daryanto. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media, 2010.
Dimyati. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2004.
Effendi, Mohammad. Pengantar Psikopaedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.
F, Mangunsong, dkk. Psikologi Dan Pendidikan Anak Luar Biasa. Jakarta: LPSP UI, 1998.
Maftuhin, M., and A. Jauhar Fuad. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus.” Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi 3, no. 1 (June 24, 2018): 76–90–76–90.
Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.
Pendit, Putu Laksman. Penelitian Ilmu Perpustakaan Dan Informasi: Suatu Pengantar Diskusi Epistemologi Dan Metodologi. Jakarta: JIP FS-UI, 2003.
Poedjiastuti, Sri. Kit-Kimia Dengan Strategi Writing to Learn Untuk Siswa SMALB Tunarungu. Surabaya: Prosiding Seminar Nasional Kimia UNESA, 2012.
Purwanto, Heri. Pengantar Perilaku Manusia. Jakarta: EGC, 1998.
Reid, Gavin. Dyslexia and Inclusion; Classroom Approaches for Assesment, Teaching and Learning. London: David Fulton Publisher, 2005.
RI, Depag. Al-Qur’an Dan Terjemahannya. Jakarta: Pelita III, 1983.
Rudi, Sutardi. Autisme Dan ABA/Metode Loovas. Jakarta: Jakarta Medical Center, 2002.
Santoso, Hargio. Cara Memahami Dan Mendidik Anak Berkebutuhan. Yogyakarta: Gosyen Publishing, 2012.
Soetopo, HB. Metodologi Penelitian Kualitatif Dasar Teori Dan Terapannya Dalam Penelitian. Surakarta: UNS Press, 2002.
Somad, and Hernawati. Ortopendagogik Anak Tunarungu. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1995.
Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.
Sujono, Yuliani Nurani. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks, 2009.
Sunardi. Kecenderungan Dalam Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 2005.
Winarsih, Murni. Intervensi Dini Bagi Anak Tunarungu Dalam Pemerolehan Bahasa. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 2007.
Yunus, Mahmud. Kamus Arab-Indonesia. Jakarta: Hidakarya Agung, 1989.
Published
2018-12-27
Section
Articles