PROGRAM MATRIKULASI PADA PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013

  • Salma Sunaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri

Abstract

Matriculation program as learning model for different student is applied by activities. The first matriculation activity is discussion. The goal of this discussion is student can find information from books, internet, and discussion. In this small discussion, there is product as a result. The discussion is done for hour of meeting. The next activity is presentation, plus value from this model is student can find more detail information through direct reading. Student more understand and give quality question. The goal of matriculation is sharpen sensitiveness for analysis and study how to give conclusion scientifically.
 
Matrikulasi sebagai model pembelajaran untuk siswa yang input-nya berbeda-beda dilaksanakan melalui beberapa kegiatan. Kegiatan matrikulasi dilaksanakan pertama-tama dengan kegiatan diskusi matrikulasi. Diskusi matrikulasi dimaksudkan agar peserta didik mampu menemukan informasi dari buku, internet, dan berdiskusi. Dalam diskusi kecil ada hasilnya berupa produk. Diskusi dilaksanakan  selama satu jam pelajaran. Satu jam pelajaran berikutnya adalah waktu untuk melaksanakan presentasi atau dan panel. Kelebihan dari model ini (matrikulasi), siswa dalam kelompoknya menemukan informasi lebih detail melalui proses membaca langsung. Siswa lebih memahami dan mengajukan pertanyaan secara lebih berkualitas. Tingkat pertanyaan menunjukkan pemahaman mereka. Tujuan dari matrikulasi adalah menajamkan kepekaan analisis dan belajar menarik kesimpulan secara ilmiah. Presentasi hasil diskusi dengan cara siswa menjelaskan dan bertanya jawab lalu menyimpulkan materi yang didiskusikanya. Melalui model ini, efektifitas dapat dicapai. Siswa mengalami sendiri proses scientific dan hasil kognitif pun lebih tinggi kualitasnya.

References

Abidin, Yunus. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT. Refika Aditama, 2014.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. “KBBI Daring” dalam https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/nul
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah. Panduan Matrikulasi di SMA Tahun 2014. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014.
Hosnan. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 (Bogor: Ghalia Indonesia, 2014.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. Implementasi Kurikulum 2013: Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena, 2014.
MA Negeri 3. Observasi. Kota Kediri.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Fokusmedia, 2010.
Published
2018-08-06
How to Cite
SUNAIYAH, Salma. PROGRAM MATRIKULASI PADA PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 115-133, aug. 2018. ISSN 2622-7975. Available at: <http://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/edy/article/view/525>. Date accessed: 17 oct. 2018.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.