EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MTsN MOJOROTO KOTA KEDIRI

  • Djoni Hartono MTs Negeri Mojoroto Kota Kediri

Abstract

The different character of student makes the teacher applies exact learning model in order to all of student can follow the learning well. Learning model which is taked im this study is aptitude treatment interaction (ATI) as experiment to increase student learning activity at learning IPS for matery geographic condition of asean countries in VII-C MTsN Mojoroto Kota Kediri. This study is devided to three cycles, the results of it are: (1) there is increase of student activity but the domination of teacher is still much (2) learning activity which involve student activity is increase such as small group discussion, etc (3) domination teacher activities are guidance and monitoring student. Therefore ATI learning model could make student learning activity increase, so that student learning achievment follows it.
 
Karakteristik siswa yang beragam membuat guru perlu menerapkan model pembelajaran yang tepat agar seluruh siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. Model pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah Aptitude Treatment Interaction (ATI) sebagai uji coba untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS  materi kondisi geografis negara-negara asean di kelas VIII-C MTsN Mojoroto Kota Kediri. Penelitian ini terbagi menjadi tiga siklus dengan hasil sebagai berikut: (1) terdapat peningkatan keaktifan siswa tetapi masih banyak dominasi guru, (2) kegiatan belajar yang melibatkan keaktifan siswa mengalami peningkatan seperti diskusi kelompok kecil, dan sebagainya, (3) aktifitas guru yang paling dominan adalah membimbing dan mengamati siswa. Dengan demikian model pembelajaran ATI telah mampu membuat aktifitas belajar siswa meningkat sehingga prestasi belajar siswa pun ikut meningkat.

References

A.M, Sardiman . Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2014.
Arikunto, Suharsimi. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.
Danim, Sudarwan. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta, 2010.
Daryanto. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2012.
Djamarah, Syaiful Bahri. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta, 2005.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zein. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.
Dongoran, Zulkipli. “Efek Model Pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Interaction) terhadap Aktivitas dan Generik Sains Fisika Siswa”, Jurnal Pendidikan Fisika, Vol. 3 No. 2, 2014.
Huda, Miftahul. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Pragmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.
Joyce, Bruce, Marsha Weil, dan Emily Calhoun. Models of Teaching: Model-model Pengajaran. terj. Achmad Fawaid dan Ateilla Mirza. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Madani, Warta. “Konsep Pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Interaction)”, dalam http://jenteranews.blogspot.com/2013/05/konsep-pembelajaran-ati-aptitude.html
Sudrajat, Akhmad . “Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik dan Model Pembelajaran”, https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/09/12/pendekatan-strategi-metode-teknik-dan-model-pembelajaran/
Sunarto dan Agung Hartono. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.
Published
2018-08-06
How to Cite
HARTONO, Djoni. EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MTsN MOJOROTO KOTA KEDIRI. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 89-114, aug. 2018. ISSN 2621-5837. Available at: <http://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/edy/article/view/521>. Date accessed: 15 aug. 2018.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.